PERINGATAN HARI SANTRI 1439H DI PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH


Senin , 23 Oktober 2017 Event Khusus

Peringatan Hari Santri 1439h Di Pesantren Akmaliah Salafiah
Peringatan Hari Santri 1439h Di Pesantren Akmaliah Salafiah

Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS) bidang Tarbiyah atau Pendidikan menggelar acara perlombaan untuk para santri dan santriwati PAS dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017. 

“Hari ini kita memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan perlombaan untuk para santri dan santriwati. Sengaja perlombaan kita majukan 1 hari menjadi tanggal 21 karena tanggal 22 ada acara rutin mingguan munassiq”, jelas ketua Bidang Pendidikan Ibu Dewi MR.

Acara perlombaan tersebut digelar pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 di lantai 1 dan lantai 2 Pesantren Akmaliah Salafiah. Acara perlombaan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh santri Hadi dan saritilawah Santriwati Aliya.

Sebelum perlombaan dimulai, Bapak Insan Warsito sebagai perwakilan Pengurus PAS dan Ibu Dewi MR Ketua Bidang Tarbiyah memberikan sambutannya dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, baik Bapak Insan Warsito dan Ibu Dewi MR sama-sama mengajak para santri dan santriwati untuk selalu bangga dan semangat menjadi santri dengan rajin mengaji. Hal tersebut juga tersirat dari tagline acara perlombaan tersebut yaitu "BANGGA MENJADI SANTRI PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH".

Ada 5 perlombaan yang diselenggarakan yaitu lomba mewarnai, kaligrafi, quratil quran, adzan dan cerdas cermat. Santri dan santriwati yang mengikuti lomba tersebut dibagi berdasarkan kelasnya. Seperti lomba mewarnai dikhususkan untuk santri kelas Ula alif dan ba sore, lalu lomba kaligrafi untuk santri kelas Ula Ta, Tsa, Jim. 

Lomba Qiroatil Qur’an diperuntukan untuk seluruh santri kelas Ula dan Tsani, siapapun boleh mengikuti lomba karena bersifat individu bukan mewakili kelas. Begitu juga dengan Lomba Adzan siapapun santri laki-laki dari kelas Ula Alif sampai dengan Tsani Tsa boleh mengikuti lomba adzan. Sedangkan Lomba cerdas cermat untuk santri kelas Ula Ta Tsa Jim dan Tsani Alif Ba Ta Tsa. 

Semua perlombaan selesai sebelum dzuhur yang kemudian dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah yang di imami oleh Warosatul Mursyid, Haqqo Hizboel.

Tepat pukul 12.30 WIB diumumkan pemenang lomba dari setiap perlombaan. Lomba mewarnai dimenangkan oleh Kanaya, Sabah, dan Zizi. Pemenang lomba kaligrafi adalah Nabila, Aliya, dan Zuhdiyyah. Lomba adzan dimenangkan oleh Syahrul, Arman, dan Firdaus. Lalu untuk lomba quratil quran dimenangkan oleh Chelsea, Kurnia, dan Luna. Untuk lomba cerdas cermat tsani juara pertama dimenangkan oleh regu Liqo, Hadi, Irfan, juara dua dimenangkan oleh regu Rizka, Nabilla, Laila dan juara tiga dimenangkan oleh regu Aisyah, Yasmin, Kurnia. Sedangkan lomba cerdas cermat juara 1 dimenangkan oleh regu Filza, Vira, Latifah, juara 2 regu Ridho, Fitri, Sayla dan juara 3 regu Fahri, Afiya, Rafa.

Alhamdulillah acara perlombaan yang ditutup dengan doa oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Ustad Atif Tayib berjalan dengan lancar dan semoga santri santriwati Pesantren Akmaliah Salafiah kelak akan menjadi penerus dalam menegakkan kalimat tauhid di bumi nusantara ini,

amin ya robbal 'alamin.