20 Jan 18 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 20 Januari 2018/03 Jumadil Awal 1439H

Tawakkal (pasrah) adalah sifat hamba yang sangat dicintai Allah. Pasrahkanlah hidupmu hanya pada Allah tanpa mengabaikan usaha dan ikhtiarmu, niscaya Allah akan mencintaimu dengan melimpahkan kecukupan dalam hidupmu disetiap yang kamu butuhkan. Ada beberapa tingkatan orang yang Tawakkal; pertama kepasrahan seorang bawahan terhadap atasannya yang masih ada pamrih dengan fasilitas, kedua kepasrahan seorang anak pada kedua orang tuanya yang mengharap belaian cinta kasihnya, dan yang ketiga ialah kepasrahan seorang mayat dihadapan orang yang mengurusinya yang tidak ada protes sedikitpun dalam hal apapun dan akan diapakan dirinya. Coba renungkan dengan jujur bahwa posisi kita ada di tingkatan yang mana dalam hal tawakkal pada Allah."

Selengkapnya

Kitab Hikam Ibnu Athaillaah, 07 Juni 2013/28 Rajab 1434H

Anak-anakku, dalam menuju kepada Allah SWT, jangan suka menengok ke kiri dan ke kanan terlebih lagi ke belakang. Begitu pula dalam menuju sesuatu yang hendak kalian raih jangan menengok ke kanan dan ke kiri terlebih ke belakang karena kalian tidak akan sampai pada tujuan kalian. Kalian harus fokus menuju apa yang akan kalian tuju. Menengok ke kiri maksudnya ialah jangan kalian menengok gemerlapnya dunia karena kalian akan terpesona dan berhenti karenanya. Menengok ke kanan maksudnya ialah menengok wilayah fiqih, misalnya kalian akan dikecam bid’ah karena melakukan misal thoriqoh dengan zikiran kemudian karena kalian dikatakan sesat lalu kalian berhenti. Menengok ke belakang maksudnya ialah kalian melihat masa lalu kalian yang bergelimang maksiat/lahir bukan dari keturunan arifin billah yang akhirnya menyebabkan kalian berhenti. Jalanlah terus menuju kepada Allah SWT karena jika Allah SWT menghendaki maka jadilah. Percayalah kepada takdir Allah SWT. Nabi Ibrahim as lahir dari seorang Bapak yang ahli berhala, sedangkan anak dari Nabi Nuh as (An’am) masuk neraka."
Nasehat Mursyid saat mengkaji Kitab Syarah Al-Hikam (Syaikh Ibnu Athoillah)
Jumat, 07 Juni 2013/28 Rajab 1434H
Selengkapnya

TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 28 Desember 2017/09 Rabi’ul Tsani 1439H

TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Hari         : Kamis,
Tanggal  : 28 Desember 2017/09 Rabi’ul Tsani 1439H

 

SALIKAH
Bapak, sifat mahmudah apa yang harus dimiliki oleh seorang wanita shalihah?

Selengkapnya
02 Dec 17 | by Hanifatun Hasanah 9 orang Khutbah

RANGKUMAN KHUTBAH JUM'AT MURSYID AKMALIAH, 01 Desember 2017 / 12 Rabiul Awal 1439H

Pesantren Akmaliah Salafiah
Jumat, 01 Desember 2017 / 12 Rabiul Awal 1439H

Tepat hari ini 12 Rabiul Awal merupakan Milad Nabi Muhammad SAW dimana hampir 1.500 tahun yang lalu lahir seorang insan kamil, seorang uswah yang merevolusi peradaban manusia mulai dari peradaban manusia saat itu yang disebut jaman jahiliyah hingga akhirnya menjadi manusia seutuhnya, manusia yang istimewa bukan lagi jaman jahiliah tetapi ialah jaman yang disebut akhlaqul karimah. 

Selengkapnya

RANGKUMAN TAUSYIAH MURSYID, 21 September 2017/01 Muharam 1439 H

RANGKUMAN TAUSYIAH MURSYID
DI TAHUN BARU ISLAM 1439H
Pesantren Akmaliah Salafiah
Kamis, 21 September 2017/1 Muharam 1439 H/Ba'da Shalat Subuh berjamaah.


Bapak ingin mempertegas dan menjelaskan bahwa kalian adalah anak anak ruhaniaku semuanya yang berarti menjadi tanggung jawab Bapak baik di dunia maupun akhirat. Tanggung jawab orang tua ruhaniah itu sangat berat sebagaimana tanggung jawab orang tua lahiriah kepada anak anaknya mulai dari memfasilitasi segala apa saja karena merupakan amanat dari Allah SWT hingga pendidikan termasuk mengenai pemahaman sosial budaya hingga akhlaq. Begitu juga orang tua ruhaniah yang juga menanggungjawabi bukan sebatas duniawi untuk menghapuskan segala noda dosa tetapi juga pertanggungjawabannya sampai ke akhirat.

Selengkapnya