31 Aug 19 | by Himmah Hiz Event Khusus

MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1441 HIJRIYAH

Seperti yang telah disampaikan oleh Mursyid Akmaliah bahwa tahun baru Islam jatuh pada hari Minggu, tanggal 01 September 2019. Seperti biasa, dalam rangka menyambut tahun baru islam ini pun Mursyid Akmaliah mengadakan thoriqoh berjamaah yang akan dipimpin langsung oleh Mursyid Akmaliah pada malam 1 Muharram 1441 Hijriah (tanggal 01 September 2019, pukul 01.00 WIB). 

13 Aug 19 | by Himmah Hiz Event Khusus

KHUTBAH IDUL ADHA MURSYID AKMALIAH PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH, Minggu, 11 Agustus 2019/10 Dzul Hijjah 1440H

 

KHUTBAH IDUL ADHA MURSYID AKMALIAH
PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH
Minggu, 11 Agustus 2019/10 Dzul Hijjah 1440H

_______________

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar 
Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar 
Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar 

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar 
wa lillahil hamd

Kita berkumpul disini untuk mendapatkan cinta dan ridho dari Allah SWT dan insya Allah kita semua mendapatkannya amin ya robbal ‘alamin. 

13 Aug 19 | by Hani Hizbo Event Khusus

TAKBIRAN KELILING PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH

 

Dalam menyambut hari Raya Idul Adha 1440H, Santri dan Santriwati yang tergabung di dalam Tarbiyah Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS) melakukan takbir keliling dengan membawa bedug, obor dan kentungan mengelilingi wilayah kampung baru dan sekitarnya usai shalat Isya berjamaah, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Acara ini pertama kali digagas oleh Ketua PAS. “Saya ingin para santri akmaliah memeriahkan acara takbiran bukan hanya didalam majelis saja tetapi di area lingkungan PAS juga. Agar masyarakat juga bisa mengetahui bahwa PAS bukan hanya mengkaji ilmu tauhid untuk bapak-bapak dan ibu-ibu saja tetapi juga ada pengajian untuk anak-anak. Selain itu PAS juga ingin berkontribusi terhadap lingkungan terutama masalah keagamaan”, jelas Bapak Rinto Dwi Sumarno, Ketua Pesantren Akmaliah Salafiah.

Takbir keliling dengan arakan 30 obor, 50 kentungan dan satu set sound system yang sudah dihias dengan meriah ini dimulai dari depan Majelis Tauhid PAS kemudian menyusuri jalan Mujahidin hingga ke masjid Nurul Hidayah lalu lanjut ke area Begog sampai pabrik lilin lalu lanjut lagi ke masjid Al Ikhlas sampai ke TK Hubaya lama dan kemudian berakhir di depan Majelis Tauhid PAS. Pawai Takbiran ini berlangsung kurang lebih selama 90 menit. 
“Pawai kali ini berbeda dengan pawai saat hari santri karena pawai takbiran dengan menggunakan bedugm obor dan kentungan ini adalah kali pertama PAS mengadakannya”, ujar Ketua Bidang Pendidikan PAS, Ibu Dewi Hizboel.

Salikin salikah PAS yang tergabung dalam KIPAS dan IKRA pun ikut mendukung takbir keliling ini. Selain itu, perangkat kampung baru yaitu KOMPAK dan SIGAP ORGAJAM ikut dikerahkan untuk mengawal jalannya pawai sehingga pawai berlangsung lancar dan tertib.

“Walaupun capek keliling kampung baru tapi aku seneng banget acara takbir keliling karena seru banget dan selesai takbir keliling dapat goodibag”, ujar Wulan salah satu santri tarbiyah PAS.

“Insya Allah, semoga dengan diadakannya takbir keliling menjelang lebaran Idul Adha ini bisa melestarikan budaya santri juga”, tutup ketua PAS.

12 Aug 19 | by Hani Hizbo Event Khusus

SHOLAT IDUL ADHA 1440H PESANTREN AKMALIAH SALAFIAH

Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS) menggelar Sholat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah bertepatan dengan Ahad, 11 Agustus 2019 bertempat di Majelis Ma’rifah Gedung PAS. Shalat Idul Adha  dihadiri oleh Salikin Salikah Akmaliah serta Masyarakat sekitar dimulai sekitar pukul 06.20 dan di imami langsung oleh Mursyid Akmaliah,  Syeikh Maulana Hizboel Wathony yang juga sebagai khotib shalat Idul Adha.

Dalam khutbahnya, Mursyid Akmaliah menekankan betapa pentingnya ibadah nusuq. “Ibadah nusuq yaitu dimana kalian harus berqurban dan mengurbankan harta kalian. Mengurbankan harta yang paling bagus ialah yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali hanya Allah SWT. Dalam hal ini kalian setahun sekali berqurban. Oleh karenanya tidak ada istilah “saya sudah berqurban tahun kemarin”. Jika kalian ada rizki kemudian kalian tidak berqurban maka jangan berharap bisa memahami, menikmati dan merasakan ilmu tauhid dan hakekat karena kalian masih terpenjara oleh dunia. Panggilan Allah SWT ialah berqurban. Kalau kalian tidak mau berqurban maka kembalikan kepada diri kalian sendiri”.

Rangkaian Shalat Idul Adha selesai pada pukul 07.20 wib dan seluruh salikin dan salikah pun bersalaman dengan Mursyid Akmaliah. Dilanjutkan dengan ramah tamah di kediaman Mursyid Akmaliah (open house).

Selanjutnya sekitar pukul 09.30 WIB Mursyid Akmaliah mulai memotong hewan qurban. Tahun ini, PAS berqurban sebanyak 12 ekor sapi. 5 ekor sapi qurban langsung disembelih oleh Mursyid Akmaliah dan 7 ekor sapi qurban lainnya disembelih di munassiq munassiq luar Jabodetabek antara lain Munassiq Batang, Munassiq Sragen, Munassiq Brebes Utara, Munassiq Brebes Selatan, Munassiq Slendro, Munassiq Simo, Munassiq Sumenep.

“Dari 5 sapi yang dipotong di PAS, kami membagikannya untuk 1.250 mustahiq disekitar Pesantren Akmaliah Salafiah yang terdiri dari warga RT 05, 06, 07, 10 RW 02. Lalu kami bagikan juga ke para santri tarbiyah, salikin munassiq Jabodetabek yang berkurban dan para amil qurban”, ungkap Bapak Syafei selaku Ketua Idul Adha PAS.

“Sebelumnya, kami juga sudah mendata siapa saja yang berhak menerima daging qurban ini lalu H-3 sudah mulai kami bagikan kupon kepada para mustahiq”, lanjut Hermawan salah satu amil yang bertugas.

Banyak sekali warga yang antusias dalam menerima daging qurban ini. Diantaranya ada warga RT.07 yang datang bersama-sama untuk menukarkan kupon mereka. “Alhamdulillah kami bersyukur mendapat bagian daging qurbannya”, ungkap beberapa warga RT 07.

Sebagaimana pesan khutbah Mursyid akmaliah, Insya Allah, ibadah nusuq kita diterima Allah SWT dan dikabulkan semua pengorbanan kita di hadapan Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin.

09 Jul 19 | by Hani Hizbo Event Khusus

HALAL BIL HALAL & DIMULIANYA KEMBALI KAJIAN RUTIN ILMU TAUHID & HAKEKAT PESANTREAN AKMALIAH SALAFIAH

Setelah berhenti sejenak (tawaquf) untuk memasuki bulan Ramadhan 1440H pada tanggal 20 April 2019 yang lalu, Bersamaan dengan Halal Bil Halal menandai dimulainya kembali kajian rutin Ilmu Tauhid dan Hakekat di Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS), dengan mengkaji kitab Hikam Ibnu Atho’illah pada malam Sabtu (MASA) tanggal 21 Juni 2019.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa jadwal kajian ilmu tauhid dan hakekat di Pesantren Akmaliah Salafiah adalah seminggu tiga kali dalam sepekan. Pertama, Kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin setiap Senja Ahad (SEHAD) yang diawali dengan shalat magrib berjamaah dan diakhiri dengan shalat isya berjamaah. Kemudian kajian kitab Hikam Ibnu Atho’illah setiap Malam Sabtu (MASA) yang dimulai pukul 21.00 wib sampai dengan 22.00 wib. Sedangkan Kajian kitab Ad-Durrun Nafis setiap Selasa Malam (SEMA) yang juga dimulai pukul 21.00 wib sampai dengan 22.00 wib. 

“Alhamdulillah kajian di Pesantren Akmaliah Salafiah (PAS) sudah mulai kembali, rindu sekali rasanya tidak mengkaji selama hampir 2 bulan. Dan jika ada yang tertarik ingin mengikuti kajian di PAS bisa memulainya dengan mengkaji di SENJA AHAD dan jika nanti sudah istiqomah 7 kali berturut-turut bisa mendapatkan Kartu Tanda Salikin (KTS)”, ujar Ketua PAS Bapak Rinto Dwi Sumarno.

Insya Allah semoga kita semua bisa terus istiqomah dalam mengkaji ilmu-ilmu yang telah dihidangkan oleh Allah SWT. Dan sebagaimana pesan Mursyid Akmaliah saat kajian MASA yang lalu bahwa menanamkan iman dalam belajar itu penting, jangan menentang dan menanyakan hal yang belum diizinkan oleh Mursyidnya. Jaga hati dan sikap dalam menuju kepada Allah SWT. “Intinya pasrahkan sepenuhnya kepada Mursyid dan yang terpenting ialah percaya/iman kepada Mursyid kalian”, tegas Mursyid Akmaliah CM Hizboel Wathony