RANGKUMAN KAJIAN SENJA AHAD, 24 Februari 2018/08 Jumadits Tsani 1439H

RANGKUMAN KAJIAN SENJA AHAD (SEHAD)
Kitab Ihya 'Ulumuddin dan Siyarus Salikin 
Pesantren Akmaliah Salafiah
Sabtu, 24 Februari 2018/08 Jumadits Tsani 1439H 

________________

 

CACAT LISAN KEEMPATBELAS (LANJUTAN)

Ada dusta yang diperkenankan/diperbolehkan atau dalam bahasa fiqih disebut tauriyah. Namun jangan dijadikan bohong putih ini sebagai senjata atau alasan dalam berbohong. 

Selengkapnya

RANGKUMAN KAJIAN SENJA AHAD, 10 February 2018/26 Jumadil Awal 1439H

RANGKUMAN KAJIAN SENJA AHAD
Kitab Ihya 'Ulumuddin dan Siyarus Salikin 
Pesantren Akmaliah Salafiah
Sabtu, 10 February 2018/26 Jumadil Awal 1439H 
________________

 

Banyak sekali terjadi peristiwa peristiwa dimana orang itu karena afatul lisan terjerumus dan celaka. Oleh karenanya kembali intropeksi atau muhasabah ke dalam diri karena jika tidak, maka akan menjadi persoalan yang amat sangat merugi. Dalam kitab ini telah dibahas afatul lisan atau cacatnya lisan sehingga ia menjadi penghuni neraka.

Selengkapnya

RANGKUMAN KAJIAN SENJA AHAD, 13 Januari 2018/26 Rabi’ul Tsani 1439H

Kitab Siyarus Salikin dan Ihya 'Ulumuddin
Pesantren Akmaliah Salafiah
Sabtu, 13 Januari 2018/26 Rabi’ul Tsani 1439H

________________

Akan dibahas sifat-sifat yang ada pada nafsu dan diawali dengan cacatnya lisan/perkataan yang keluar dari diri seseorang. Jika tidaj bisa dengan perkataan yang baik maka diamlah. Banyak orang yang masuk neraka karena lisannya dan banyak pula orang yang masuk surga karena bisa memanfaatkan atau mengendalikan lisan. Jadi lisan ini kuncinya. Ada 20 perkara cacatnya lisan/perkataan yang dikeluarkan dari mulut seseorang. Lebih baik berkata yang baik baik daripada yang buruk buruk.

Selengkapnya

RANGKUMAN KAJIAN SABTU MALAM, 21 Oktober 2017/02 Shafar 1439H


Kitab Siyarus Salikin dan Ihya 'Ulumuddin
Pesantren Akmaliah Salafiah
Sabtu, 21 Oktober 2017/02 Shafar 1439H

________________

Untuk menuju kepada Allah SWT syaratnya sama seperti syarat untuk menuju rumah Allah SWT. Orang yang benar benar mengabdi kepada Allah SWT/Ahlut Thoriqin/ Salikin bahkan seluruh umat pada hakekatnya semua sedang berjalan menuju kepada Allah SWT. Berjalan menuju Allah SWT melalui linta waktu dimana saat tertentu kita akan dipaksa menemui/berjumpa dengan Allah SWT yaitu dengan habisnya masa hidup kita di dunia. Berjumpa dengan Allah SWT dapat melalui rahmat Allah SWT atau murka Allah SWT. Orang yang berjumpa dengan Allah SWT dengan murka-Nya maka meninggalnya su'ul khotimah. Adapula yang berjumpa dengan Allah SWT dengan rahmat-Nya yaitu mereka yang hidup di dunia dengan mengabdi, istiqomah menuju kepada Allah SWT dan tidak melulu melawan hawa nafsunya. Jadi hakekatnya kalian mau atau tidak tetap akan menuju kepada Allah SWT. Jadi, daripada kalian menuju Allah SWT dengan murka Allah SWT maka tatalah diri kalian agar menuju kepada Allah SWT dengan cara mengabdi kepad-Nya hingga mendapatkan rahmat dan ridho-Nya.

Selengkapnya

RANGKUMAN KAJIAN SABTU MALAM, 14 Oktober 2017/25 Muharam 1439H


Kitab Siyarus Salikin dan Ihya 'Ulumuddin
Pesantren Akmaliah Salafiah
Sabtu, 14 Oktober 2017/25 Muharam 1439H

________________

Orang yang menuju kepada Allah SWT tanpa adanya bimbingan seorang guru maka mustahil akan sampai kepada-Nya. Bahkan dijelaskan bahwasanya mencari seorang guru itu wajib hukumnya sekalipun ia adalah sebesar besar ulama (fiqih/lahiriah). Ulama lahiriah berbeda dengan ulama ulama hakekat/arifin billah/para aulia/ulama yang faham dan mengerti tentang tauhid dan hakekat. Jika hanya sekedar ulama yang faham mengenai fiqih maka belum disebut sempurna sebelum ia menjalani jalan menuju kepada Allah SWT atau jalan thoriqoh dengan berbagai macam syarat. 

Selengkapnya