TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK - Jumat, 06 April 2018/19 Rajab 1439H


Sabtu , 07 April 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS MUNASSIQ LUAR JABODETABEK
Hari         : Jumat,
Tanggal  : 06 April 2018/19 Rajab 1439H


SALIKIN

‎فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ  اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسْتَغْفِرْ لِذَنْۢبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ  بِالْعَشِيِّ وَالْاِبْكَارِ

fashbir inna wa'dallohi haqquw wastaghfir lizambika wa sabbih bihamdi robbika bil-'asyiyyi wal-ibkaar
"Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi."(QS. Ghafir 40: Ayat 55). Mohon penjelasan Bapak dalam memaknai perintah untuk bertasbih petang dan pagi, ini apakah hanya sebatas membaca subhanalloh saja?

MURSYID
Maksud dari ayat tersebut bahwa dalam BERSABAR itu meliputi waktu kapan saja dan dimana saja baik siang maupun malam, begitu pula bila mau bertaubat atau minta ampunan, tidak harus menunggu malam hari atau pagi hari atau sore hari atau siang hari, dimana kamu ingat berdosa maka bersegeralah mohon ampunan saat itu juga dengan memuji dan mensucikan Allah. Jadi, pengertian pagi dan petang itu mewakili waktu kapan saja, sedangkan bertasbih itu sebagai simbol rangkaian zikir dengan puji sanjung pada Allah terutama sebelum meminta ampunan pada Allah harus ada ritual seperti bertasbih yang diterangkan diatas..

____________

SALIKIN
Bapak, beberapa minggu ini sy di sibukan dengan urusan pekerjaan, sampai saya mengqosor shalat dzuhur dan Ashar, tp hati ini rasanya sesak dan sedih,karena tidak melaksanakan sholat tepat waktu, apakah saya berdosa dan salah Bapak? Mohon bimbingannya.

MURSYID
Tidak ada dosa bagimu, karena yang kamu amalkan adalah fasilitas ibadah yang telah dicontohkan oleh Rasul-Nya, hanya secara psikologis saja "kurang marem" padahal itu tidak mengapa dan nyamankan hatimu serta percayalah bahwa Allah tidak marah malah suka dengan tergopoh-gopohnya kamu mendatangi-Nya dengan berbagai ibadah yang kamu laksanakan..

_____________

SALIKAH
Bapak, Yang di maksud di sini orang tua Bagi orang yang telah menikah ialah orang tua kandung dan orang tua mertua dan apakah cara memperlakukan sebaiknya sama di antaranya? Bagaimana Bapak apabila kita memberikan arahan terhadap orang tua kemudian orang tua tidak mendengarkan dan kekeh terhadap apa yang beliau mau terutama sering terjadi ke tidak cocokan itu terjadi pada orang tua (mertua)?

MURSYID
Bukan sama, tapi adil dalam arti menyesuaikan kebutuhan dan kebiasaan dalam budaya kehidupannya. Memberikan arahan terhadap orang tua yang belum mengerti itu bagus, agar tidak terjadi kesalah-pahaman, namun bila orang tua tetap pada pendiriannya, biarkan saja dan relakan, namun saat ia kesulitan minta tolong maka sebagai anak wajib segera menolongnya. Itu lebih baik bagi keduanya..

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah sebenarnya hakekat berhijab bagi muslim wanita? kadang sy bingung dan tidak mau berburuk sangka. Kenapa ada beberapa anak kiyai besar,ulama yang tidak pake hijab? Kalaupun pakai hijab masih kelihatan rambut dan lehernya. Mohon penjelasanya bapak

MURSYID
Hakikat berhijab ialah menutup aurat dan menyelimuti hati dan jiwa dari keinginan nafsu yang melampaui batas dan hukumnya FARDHU 'AIN (wajib secara personal). Dalam melaksanakan ibadah jangan melihat status seseorang, karena perintah Allah dan Rasul-Nya itu berlaku kepada siapa saja yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kalau ada anak seorang Kyai yang notabene dikenal khalayak ramai atau sudah menjadi public figure tidak berhijab, jangan kemudian menjadi barometer untuk berhijab atau tidak, biarkan mereka urusannya dengan Allah, sementara kita tetap harus istiqomah mejalankan perintah Allah. Memang banyak fenomena yang seperti kamu tanyakan, namun itulah kenyataan hidup di Indonesia dan biarkan mereka bertanggungjawab dihadapan Allah atas segala yang diperbuatnya, karena perintah-Nya sudah jelas dan mereka pastinya membaca dan mengerti.


_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel