TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 29 Mei 2018/13 Ramadhan 1439H


Selasa , 29 Mei 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari         : Selasa,
Tanggal  : 29 Mei 2018/13 Ramadhan 1439H



SALIKAH
Bapak, Saya dalam setiap melakukan puji hari selalu saya awali dahulu dengan memberikan hadiah alfatihah terhadap kanjeng Nabi 1x,habis itu alfatihah 1 x buat Bapak,fi tambah 1 X buat Ust Aziz.
Baru melakukan puji harinya.
Apakah sudah benar cara ini Bapak?
Mohon bimbinggannya selalu karena masih dalam tahap belajar dan fakir akan ilmu Bapak.

MURSYID
Iya sudah bagus dan istiqomahkan zikirmu..

_____________

SALIKAH
Bapak, mengenai istilah mati dan meninggal, apa perbedaannya?

MURSYID
Tergantung tata letak kata dalam penempatan yang tepat sebagai kode etik dan adab berbahasa, pada dasarnya akan menjadi sama bila diletakan diposisi berita tentang orang yang sudah wafat. Jadi, tidak perlu dipersoalkan bahasa yang elementer tersebut, karena kalau diuraikan dengan berbagai contoh kalimat akan panjang penjabarannya, seperti kata "meninggal" bisa ditambahin dengan berbagai kepentingan berita sebagai contoh "meninggal dunia" dengan "meninggalkan rumah", begitu juga kata "mati" dapat di rangkai atau ditambah dengan kata lain yang maknakan akan berubah ubah sesuai dengan rangkaian kalimat yang tersusun.

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah ada perbedaan antara Surga dengan Jannatal firdaus?  Apakah itu merupakan tingkatan dari surga2 yang ada.

MURSYID
Surga itu secara umum yang dalam bahasa arab disebut dengan JANNAH, sedangkan Firdaus itu salah satu dari nama-nama surga dari beberapa surga sesuai dengan tingkatannya dan Bapak sudah menjelaskan tingkatan surga saat tanyajawab terdahulu..

_____________

SALIKAH
Bapak, jujur di sini saya untuk kaifiat belum hafal. Jadi di sini saya selalu sambil membaca. Apa di perbolehkan bpk sambil membaca. Dan setiap dalam lafal Allahumma sholiwasalim alla ruhhi nabiyinna muhammadin fiil arwahi dan seterusnya saya selalu bergetar dan tidak bisa membendung air mata. Apakah sah shalatnya dlm hal ini Bapak?

MURSYID
Tidak mengapa dan bagus kamu sambil membacanya hingga hafal secara otomatis. Itu sebagai pertanda bahwa Allah sedang melembutkan hatimu dan sekaligus mencahayai jiwamu yang dapat menjadi penerang perjalanan hidupmu hingga selamat dunia akhirat.

_____________

SALIKAH
Bapak, saya harus bersikap bagaimana kebetulan anaku lulus SMP NEM jelek ayahnya marah bahkan sampai anaknya didiamkan ,akunya ga tega sama anaknya padahal sudah berusaha belajar tapi hasilnya bikin ayahnya kecewa

MURSYID
Membangun semangat anakmu agar dapat meneruskan sekolah di SMU dan selanjutnya kamu rayu suamimu agar bisa memberikan support terhadap anak dengan dalih penjelasan menjaga amanat dari Allah dan sekaligus memeliharanya dengan baik dan benar, karena anak itu amanah.

_____________

SALIKAH
Bapak, Ketika di hadapkan pada suatu  masalah kadang begitu sulit untuk mengembalikan kepada Allah bagaimana caranya Bapak agar saya bisa mengembalikan semuanya kepada Allah? mohon bimbingannya Bapak

MURSYID
Kalau secara sempurna tentunya sulit, karena tidak bisa instan tapi harus dikulinokan dalam keseharian walau dapatnya sedikit sekalipun atau sebagian yang bisa dipandang kembali kepada Allah, hal ini dimaklumi karena sebagai seorang salikah yang sedang berjuang terus mengembalikan kepada Allah..

_____________

SALIKAH
Bapak, bagaimana menghadapi anak dan suami yg betul keras dan nakal? apakah ada doa khusus yg agar anak saya di limpahkan hidayahnya mohon petujuknya Bapak.

MURSYID
Berdoa dengan doa Sulaiman 7x dan setelah berdoa sujud meminta pada Allah sesuai dengan kehendakmu..

_____________

SALIKAH
Mohon penjelasan Bapak :
Sudah seminggu ini jualan saya alhmdulillah laris terus tetapi hasilnya minus terus. Saya udah memperbaiki administrasi dan uang dipegang sama anak dan administrasi juga sama anak tetapi masih saja minus penyebabnya apa? dan mohon doanya Bapak

MURSYID
Yang perlu diperbaiki itu anakmu agar lebih piawai dalam adminitrasi dan keuangan. Yang jelas tidak ada TUYUL berani menyambangi tempatmu..

_____________

SALIKAH
Mohon penjelasan Bapak mengenai surat Al Haqqaq ayat 17 :

‎وَالْمَلَكُ عَلَىٰ أَرْجَائِهَا وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ

Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.

MURSYID
Ayat teresebut maknanya penuh dengan metafor. Yang dimaksud Malak atau Malaikat ialah kekuatan yang dinyatakan pada tingkatan langit yang berjumlah tujuh kemudian yang kedelapannya itu tingkatan yang menuju Arsy Allah. Jadi boleh dimaknakan bahwa Arsy itu ditopang oleh lapisan langit yang di dalamnya ada jutaan galaksi untuk menopangnya, dengan kata lain luasnya Arsy Allah itu seluas alam semesta yang mempunyai tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel