TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA - Selasa, 05 Juni 2018/19 Ramadhan 1439H


Selasa , 05 Juni 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS SALSHA
Hari         : Selasa,
Tanggal  : 05 Juni 2018/19 Ramadhan 1439H

 

SALIKAH
Bapak, setiap pernikahan apakah boleh maharnya dijadikan koleksi lalu disimpan smpi bertahun2? Kalau saya Mahar nikah  tidak dijadikan koleksi Bapak. Boleh kah saya gunakan uang itu buat keperluan darurat sedangkan suami tidak tau? Mohon izin solusinya Bapak.

MURSYID
Boleh dan itu lebih baik bagimu karena itu sudah manjadi hakmu sepenuhnya. Jadi tidak perlu izin dari suami lagi..
_____________

SALIKAH
Bapak,Ada teman kantor, bapak 2, agama islam, tapi ga puasa,padahal  tdk sedang halangan, udzur. Bagaimana hukumnya?

MURSYID
Dosa dan wajib bayar setiap puasanya di bulan lain. Kalau tidak puasa karena halangan syara' (musafir, sakit, kerja berat, haid, wiladah) wajib bayar di bulain lain satu hari dengan satu hari pula atau dengan fidyah, tapi kalau tidak karena halangan syara' dan dengan sengaja buka puasa ditempat umum bahkan dengan sengaja menyatakan dirinya tidak puasa ditempat umum maka wajib bayar setiap satu hari puasa yang ditinggalkan harus dibayar dengan 60 hari puasa di bulan lain atau memberikan makan fakir miskin 60 orang.

_____________

SALIKAH
Bapak, suamiku jamaah musuhola kebetulan belum adzan, mau adzan malu terus yg adzan kaset/dari hp boleh tidak?

MURSYID 
Sebenarnya tidak mengapa, tapi kenapa tidak dicoba, karena azan itu suatu anugerah yang diberikan oleh Allah dan derajatnya itu sama dengan bilal yang masuk surga sebelum meninggalnya.

_____________

SALIKAH
Bapak, teman saya bertanya...jika imam sholat dimasjid bacaanya kita tau klo itu ga sesuai entah itu tajwidnya, makrojnya dll dan terus berulang orang ini sebagai imam masjid tersebut sebaiknya kita sebagai makmum bagaimana menyikapinya?

MURSYID
Yang menjadi makmum sebaiknya mengikuti bacaannya agar disempurnakan kekurangan imam tersebut yang penting tidak sengaja untuk merubah makna dari bacaan, hanya karena kurang fashih saja. Itulah pentingnya berjamaah saling menutupi antara satu dengan lainnya dan nilainya tetap 27 kali lipat.

_____________

SALIKAH
Bapak, bila ada seseorang yang selalu dizolimi oleh orang lain, di hina, di suuzhon in, apakah itu sudah paket takdir kehidupannya? Dan apakah Allah SWT akan menjawab doa doanya untuk memberikan balasan yang setimpal kepada orang yang menzholiminya itu? Sebelumnya mohon maaf apabila pertanyaanku kurang berkenan Bapak. mohon bimbingannya Bapak 

MURSYID
Semua kehidupan makhluk mulai dari sebelum ada di dunia dan kembali tidak ada itu dalam Sekenario Takdir Allah. Nah, begitu juga doa pintanya setiap makhluk juga akan dikabulkan oleh Allah sesuai janji-Nya dan bagi orang-orang zalim pasti akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan perbuatannya..

_____________

SALIKAH
Bapak, mohon penjelasan mengenai:
1. Apakah boleh membayar zakat fitrah 2kali di akmaliah saya sama suami ikut bayar zakat fitrah. Kemudian di tempat saya tinggal juga bayar zakat fitrah karena kalau tidak bayar tidak enak soalnya rumah kebetulan dekat mesjid tempat bayar zakat. mohon penjelasannya
2. Mohon penjelasan surat at-thagabun ayat 14

‎يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَّكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِن تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

MURSYID
1. Boleh dan bagus, tapi yang dihitung ialah yang pertama membayar zakat fitrah, sedangkan yang kedua dianggap sebagai sodakoh saja yang juga mendapat nilai pahala dari Allah..
2. Maksud dalam ayat tersebut bahwa terkadang suami istri itu dalam menentukan pilihan bisa berseberangan. Nah, jika suami lebih memilih untuk agama seperti berjuang di jalan Allah dengan hartanya, kemudian istri menghalanginya. Itulah yang dimaksud atau saat suami hendak ke masjid atau shalat malam kemudian istri cemberut tidak setuju, itulah yang dimaksud ayat itu juga..
_____________

SALIKAH
Bapak,kalau terlambat sahur, saat terbangun apakah boleh tetap sahur dengan makanan bukan hanya minum saja?

MURSYID
Boleh tetap sahur saja, hingga waktu shalat shubuh..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel