TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 05 Juli 2018/21 Syawal 1439H


Kamis , 05 Juli 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Hari         : Kamis,
Tanggal  : 05 Juli 2018/21 Syawal 1439H

_____________

SALIKAH
Bapak, saya pernah membaca adanya meng Qadha shalat karena haid. Bagaimana penjelasan mengenai hal ini ?

MURSYID
Tidak ada dasar hukum mengqodho shalat karena haid. Jadi jangan melakukan qodho shalat karena haid.

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah ucapan bila suami mengatakan “kita suami istri lagi” sama dengan Talak?
  
MURSYID
Itu sudah jatuh Talak satu karena ucapannya sudah jelas yaitu "kita tidak suami istri lagi." Ini sama saja dengan kaliamat "sekarang saya cerai kamu." Nah, dengan demikian secara agama haram hukumnya berhubungan, bahkan satu rumahpun sudah haram, karena sudah jatuh talak dan jika mau menjadi suami istri lagi, wajib RUJU' bukan TAJDIDUN NIKAH.. RUJU' itu IJAB QABUL kembali sebagaimana saat Ijab Qabul Nikah, karena RUJU' itu sama dengan menikah ulang dan ini hanya berlaku tiga kali menikah ulang, bila terjadi sampai melewati tiga kali maka sudah tidak boleh RUJU' lagi, kecuali keduanya menikah terlebih dahulu dengan orang lain..

_____________

SALIKAH
Bapak, apakah hukum nya bila kita suka berziarah kubur seumpama nya ziarah ke para wali?

MURSYID
Ziarah kubur itu ada kalanya disunnahkan dan ada kalanya menjadi haram bahkan syirik. Tergantung pada sikap hati dan niatnya, ini tentunya bagi orang yang paham secara ilmu agama akan menyelamatkan dirinya. 
1. Ziarah kubur yang dianjurkan bahkan sunnah itu bagi orang-orang yang menjadikannya sebagai DZIKRUL MAUT (mengingatkan dirinya akan seperti itu yaitu mati) sebagaimana dalam doa ziarah kubur yang artinya: Salam bagimu wahai ahli kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kamu, sedangkan kamu telah mendahului kami dan kami akan menyusulnya."
2. Ziarah kubur yang menjadi haram dan bahkan syirik itu, mereka yang datang sengaja ke kuburan untuk meminta doa dari yang ada di alam kubur, contoh seperti seorang anak yang merantau, kemudian pulang kampung dan ziarah kubur karena mau berangkat merantau, pada saat di atas kuburan orang tuanya berkata: "Doain ya Bapak/Emak, anakmu mau merantau semoga selamat dan banyak rezeki." Ini kalimat syirik yang diharamkan, termasuk orang yang berziarah ke makam orang-orang shalih dan para wali, kalau mereka tujuannya ingin mendapatkan doa dan berkah dari kuburan itu menjadi syirik, termasuk ziarah kubur ke makam Rasulullah SAW tidak boleh meminta doa dari beliau, tapi kita harus memperbanyak baca shalawat untuk Beliau, kemudian dengan membaca shalawat kepada Beliau akhirnya kita mendapat syafaat dan keberkahan itu lain masalahnya, tapi tetap tidak boleh minta doa dan berkah dari orang yang sudah meninggal dunia akan menjadi syirik hukumnya. Dan ini yang diharamkan orang berziarah kubur..

_____________

SALIKAH
Bapak, bagaimana bapak hukum nya bila kita lupa nazar dan apabila sudah inget trus kita laksanakan apakah masih sah nazar nya atau tetap berdosa? 

MURSYID
Sah dan boleh dilakukan saat orang yang bernazar itu ingat akan nazarnya..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel