TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 12 Juli 2018/28 Syawal 1439H


Kamis , 12 Juli 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Hari         : Kamis,
Tanggal  : 12 Juli 2018/28 Syawal 1439H

 

SALIKAH
Bapak, jika saya mempunyai nazar berpuasa sedangkan saya masih mempunyai hutang puasa Ramadhan. Manakah yg harus saya penuhi terlebih dahulu ? Mohon bimbingannya Bapak.

MURSYID
Bayar hutang puasa ramadhan terlebih dahulu dan setelah itu wajib bayar puasa nadzarnya..

_____________

SALIKAH
Bapak, bagaimana kalau beribadah atas dasar rasa sukur karena nikmat allah yg berlimpah. Apakah masih dikategorikan ikhlas?

MURSYID
Seharusnya semua orang itu beribadah atas dasar syukur kepada Allah, karena untuk mencapai ikhlas harus melalui syukur terlebih dahulu hingga akhirnya mencapai ikhlas dalam tahapan sesuai derajat dan maqomnya..

_____________

SALIKAH
Bapak, kalau kita baca alquran di bulan Ramadhan itu biasanya kita baca ada yg salah akan dapat ampunan /tidak apa. Tetapi kalau kita baca alquran selain dalam bulan puasa kalau ada yang salah katanya dosa. Mohon penjelasan dan bimbingannya bapak

MURSYID
Yang namanya salah itu, baik di bulan ramadhan maupun di bulan lainnya tetap mendapat dosa dan juga akan mendapat ampunan bila memohon ampunan..

_____________

SALIKAH
Bapak, zikir apakah yg bisa kita amalkan agar hati tenang dan hanya ingat Allah saja?

MURSYID
Istiqomah saja zikir puji hari atau yang disebut juga zikir junaid, setiap harinya berbeda zikirnya seperti dibawah ini:
1. AHAD --- SUBHANALLOH
2. SENIN --- ALHAMDULILAH
3. SELASA --- LAA ILAAHA ILLALLOH
4. RABU --- ALLOHU AKBAR
5. KAMIS --- LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAHIL 'ALIYYIL AZHIIM
6. JUM'AT --- ALLOHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD WA ALI MUHAMMAD
7. SABTU --- ASTAGHFIRULLOHAL 'AZHIIM
Usahakan minimal 4000 x dalam sehari dan dimulai dari waktu maghrib hingga ketemu maghrib berikutnya. Lakukan zikir itu dimana saja berada, tidak harus selesai shalat atau tidak harus sedang duduk, tapi bolah dimanapun kamu berada atau sedang kegiatan apapun, boleh sambil masak, boleh sambil jalan, boleh saat sedang di kendaraan, boleh saat sedang di kantro, boleh saat sedang berdagang. Dimana saja boleh, kecuali di jamban atau toilet dan boleh melakukannya di dalam hati atau sekedar terdengar oleh telinga sendiri..

_____________

SALIKAH
Bapak, jika ada seorang ibu pernah terucap ingin memberi sesuatu kepada beberapa anak perempuannya tetapi sampai pada setelah beberapa waktu karena situasi dan kondisi ibu tersebut hanya mampu memberi setengah dari apa pernah terucap. Dengab melihat keadaan tsb anak-anaknya tidak pernah berharap apalagi meminta apa yang pernah di ucapkan ibu, apakah itu sudah cukup untuk sang ibu tidak memberikan apa yg pernah diucapkannya Pak?

MURSYID
Bukan sekedar cukup, tapi sudah lebih cukup dan tidak menjadi beban hutang bagi seorang Ibu andai sampai meninggalknya belum sempat terlaksana secara sempurna..

_____________

SALIKAH
Bapak, saya mempunyai nazar yang sampai sekarang belum terlaksana. Tetapi saya niat akan segera melaksanakannya. Bagaimana hukumnya menghadapi tanggung jawab nazar ini terhadap sang pencipta  ALLAH SWT? mohon penjelasan nya ya bapak.

MURSYID
Nadzar itu hutang pada Allah dan wajib dibayarnya, bahkan wajib mengutamakan bayar hutang kepada Allah ketimbang melaksanakan ibadah yang sunnah-sunnah. Namun bila belum kesampaian karena memang tidak ada waktu atau tidak ada yang harus dicukupkan untuk nadzarnya itu masih boleh ditunda, tapi tetap hutang pada Allah dan wajib dibayar oleh ahli warisnya jika sampai meninggal dunia belum dibayar hutangnya. Oleh karenanya, Rasulullah SAW menyuruh untuk menyegerakan bayar hutang pada Allah seperti nadzar tersebut..

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel