TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA - Kamis, 26 Juli 2018/13 Dzul Qa’dah 1439H


Jumat , 27 Juli 2018


TANYA JAWAB GROUP PAS HUMAIRA
Kamis, 26 Juli 2018/13 Dzul Qa’dah 1439H


_____________

SALIKAH
Bapak, dengan apa apa sajakah kita berniat menghapus dosa dosa masa lalu kita?

MURSYID
Hanya dengan TAUBATAN NASHUHA artinya bertaubat dengan sungguh-sungguh, kalau jaman now disebut MOVE ON atau istilah populer dikalangan orang Islam ialah HIJRAH. Nah, TAUBAT itu ada saratnya sebagaimana yang dijelaskan dalam KITAB RIYADUSH SHALIHIN menyatakan: Taubat itu wajib bagi setiap orang yang berdosa, bila dosanya itu terkait hanya dengan Allah maka tiga syaratnya, namun bila ada kaiatannya dengan orang lain maka ditambah satu lagi jadi empat syaratnya antara lain:
1. Menyesali apa yang telah diperbuatnya,
2. Berhenti dari segala perbuatan maksiat atau dosa,
3. Berjanji untuk tidak mengulangi selama-lamanya dan
4. Bila ada kaitannya dengan orang lain harus diselesaikan seperti meminta maaf atau lain sebagainya.
Bila salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak sah taubatnya.

_____________

SALIKAH
Allah berfirman kepada Malaikat "Aku hendak menjadikan Khalifah di bumi". Mereka berkata "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yg merusak dan menumpahkan darah disana,...
Pertanyaan saya Bapak
1. Bukankah waktu itu manusia belum diciptakan? 
2. Malaikat hanya tau tentang keburukan manusia bukan tentang kebaikannya?
3.Allah berfirman kepada Nabi Adam" jangan mendekati pohon ini nanti kamu termasuk orang2 yg zalim". Karena tipu daya dan bujuk rayu syaitan Nabi Adam dan Hawa melanggar larangan Allah dan menyebabkan mereka berdua turun ke dunia. Bukankah itu memang sudah ditetapkan Allah?

MURSYID
1. Menurut keterangan dari hadis yang bisa dijadikan hujjah, bahwa sebelum manusia diturunkan, bumi ini sudah dihuni selama dua ribu tahun oleh makhluk sejenis manusia dan bangsa jin, karena banyak merusak dan saling membunuh maka Allah kiamatkan dan akhirnya diganti dengan manusia seperti kita sekarang yang diawali oleh Nabi Adam as sebagai Khalifah fil Ardh.
2. Karena memang dalam melihat sesuatu apapun yang di blow up atau diungkapkan itu yang mayoritas, seperti di Indonesia, apa saja yang buruk-buruk itu disandarkan pada ummat Islam, karena mayoritas penduduknya Islam, padahal keburukan dan kebobrokan penduduk disuatu negara lain itu jauh lebih banyak, seperti kemaksiatan yang terjadi di negara barat itu dalam satu hari bisa berbanding satu tahun di Indonesia atau di negara yang berpenduduk mayoritas Islam.
3. Semua kejadian itu telah ditetapkan Allah, tapi saat Allah menetapkan tidak menjelaskan detil prosesnya karena semua itu ada pada rahasia-Nya. Nah, penjelasan Allah akan menjadikan Khalifah di Bumi itu belum didetilkan prosesnya, keburu Malaikat protes dengan acuan sebagaimana penjelasan pada point satu diatas. Detilnya setelah Nabi Adam asa dinobatkan tinggal di surga bersama pasangannya Hawa, kemudian ada hukum dan pelanggaran hukum terjadi hingga diturunkannya Adam as dan Hawa beserta Iblis yang menggodanya ke Bumi. Sempurnalah ketetapan Allah yang menyatakan akan menjadikan khalifah di muka bumi.

_____________

SALIKAH
Bapak, dalam menjalani kehidupan tidak sedikit rintangan yg kami hadapi namun yang saya tidak mengerti kenapa selalu ada aja tetangga yg usil,( jahat ),sikap apa yg harus kami ambil untuk menghadapi org semacam itu terkadang cuman bisa nangis dihati kenapa selalu ada aja yg iri padahal kami aja bukan orang yg berlebihan(berharta).

MURSYID
Itulah warna dan dinamika kehidupan, karena hidup itu perjuangan dan dalam perjuangan akan menemui berbagai macam ujian dan cobaan termasuk yang kamu rasakan mempunyai tetangga dikirim oleh Allah untuk menjadi ujian dan cobaanmu dalam menjalani hidup. Nah, sikap yang baik ialah mengembalikan kepada Allah dengan menjadikan tetanggamu sebagai latihan sabar dalam menghadapi kehidupan yang lainnya.

_____________

SALIKAH
Bapak,saya kan jualan pakean baju dan mukenah tp terkadang ada calon pembeli yang naksir baju dan mukenah yang sudah saya pakai sekali bahkan dua kali. kalau seandainya baju dan mukenah tersebut saya jual bagaimana hukumnya?

MURSYID
Sah dan tidak mengapa, karena prinsipnya jual beli itu saling menyukai dan menyenangkan bersama hingga terjadi akad jual beli. Hampir semua baju di butik manapun sudah pernah dipakai, minimal dipakai oleh modelnya untuk keperluan promosi..

_____________

SALIKAH
Bapak, Suami saya ingin sekali di Ruqiyah. Bagaimana itu Bapak..apakah boleh?.. Dan di manakah suami saya bisa di Ruqiyah jika diperbolehkan?

MURSYID
Kenapa harus di ruqyah..? Ruqyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan suatu mantera atau doa-doa pada orang yang sakit akibat dari 'ain (kasat mata), sengatan hewan, bisa atau racun, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin. Nah, ruqyah yang sekarang beredar itu lebih kepada kamuplase tidak lagi murni dengan doa-doa yang mustajabah tapi lebih dengan mantera-mantera. Menurut anjuran saya, sebaiknya suamimu memperbanyak zikir dan belajar ilmu agama terutama kajian tauhid agar keimanannya bertambah kuat sehingga tidak terombang ambing oleh angan, waham dan khayal yang meliputi jiwanya.

_____________

Narasumber : Mursyid Akmaliah
Dirangkum oleh : Himmah Hizboel