04 Mei 21 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 05 Mei 2021/22 Ramadhan 1442 H

Gelisah dan resah adalah “Virus” penyakit hati. Maka, obatilah dengan “Makan dan minum nabati hati” (Sabar, Tawakkal dan Zikrullah). Insya Allah virus-virus hati akan mati dan sirna karenanya.

Selengkapnya
04 Mei 21 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 04 Mei 2021/21 Ramadhan 1442 H

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang takabur pada Tuhannya, seperti misalnya ia merasa bahwa dirinyalah yang telah mendidik dan membesarkan anak-anaknya, atau dirinyalah yang telah menolong dan menyelamatkan seseorang dari keterpurukan, dan bahkan ada orang yang dalam melakukan berbagai usaha dan ikhtiar enggan berdoa pada Tuhan karena merasa kekuatan dan kemampuan strateginya yang membuatnya berhasil mencapai yang dicita, dan masih banyak lagi perbuatan lain yang kerap diklaim sebagai kekuatan diri.

Selengkapnya
01 Mei 21 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 01 Mei 2021/19 Ramadhan 1442 H

Takabur itu sombong dan angkuh. Sifat takabur dapat menghapus semua amal ibadah kita, seperti peristiwa yang dialami oleh Malaikat Azazil yang seketika menjadi Iblis akibat kesombongannya."

Selengkapnya
30 Apr 21 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 30 April 2021/18 Ramadhan 1442 H

Pemahaman di kalangan masyarakat awam, sifat “Ujub” diartikan sebagai sombong. Padahal makna yang sesungguhnya dari “Ujub” adalah “Narsis” alias terpesona pada diri sendiri. Segenap kelebihan yang ada pada diri tidak dipandang sebagai anugerah Allah Taala dan tidak dikembalikan kepada-Nya."

Selengkapnya
29 Apr 21 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Kalam Hikmah

KALAM HIKMAH, 29 April 2021/17 Ramadhan 1442 H

Hasud itu tak sekedar iri dan dengki. Ia lebih kepada perbuatan yang menghalangi seseorang melaksanakan ibadah. Maksudnya adalah, orang yang bersifat Hasud itu senang menghalang-halangi orang yang hendak melaksanakan ibadah, baik itu ibadah ritual maupun ibadah sosial, seperti menghalangi orang yang hendak salat, puasa, zakat, haji dan termasuk menghalangi orang yang hendak berbuat baik pada saudara atau temannya. Karena itu, kita diperintahkan untuk berlindung kepada Allah Taala dari orang-orang yang bersifat Hasud ketika mereka tengah melancarkan aksinya."

Selengkapnya