29 Oct 19 | by Mursyid Akmaliah 9 orang Nasehat Mursyid

KALAM HIKMAH, 15 Oktober 2019/16 Shafar 1441 H

Dalam menjalani kehidupan itu tidak selamanya menyenangkan hatimu, banyak persoalan disana yang mengecewakan hatimu. Tuhanmu sengaja mendatangkan berbagai persoalan hidup padamu agar bisa diambil hikmah dan sekaligus mendewasakan jiwamu dalam menghadapi kehidupan dunia.

Selengkapnya

Kitab Syarah Al-Hikam (Syaikh Ibnu Atha'illah As-Sakandari) - Jum'at, 6 September 2019/7 Muharam 1441H

Anak anakku semuanya,
Syukuri apa yang Allah SWT limpahkan kepada kalian baik yang ada dalam diri kita maupun luar diri kita. Jangan kalian serakah kecuali dalam dua hal yaitu ilmu dan amal. 
Nasehat Mursyid saat mengkaji Kitab Syarah Al-Hikam (Syaikh Ibnu Atha'illah As-Sakandari)
Jum'at, 6 September 2019/7 Muharam 1441H
Selengkapnya

Munassiq Mampang - Minggu, 02 Desember 2018/24 Rabi’ul Awal 1440H

JANGAN KALIAN TUKARKAN LAUTAN AKHIRAT DENGAN SETENGGUK NAFSU DUNIAMU. Maksudhya ialah jangan menukar yang kekal, istimewa, yang telah dianugerahkan kepada Allah SWT yaitu iman, islam, hidayah kemudian kita tukar dengan kepentingan nafsu dan keinginan yang sebatas nafsu dalam urusan duniawiyah. Intinya ialah Mari kita bersama-sama menuju kepada Allah SWT. Di dalam menuju kepda Allah SWT jangan berimajinasi dan terpedaya oleh mimpi mimpi. Jika kalian mimpi maka tashihkan. Ada mimpi yang dapat di takwilkan dan mimpi yang sekedar bunga tidur. Apabila sedang hanyut dalam pusaran keinginan maka dapat larut dalam mimpi (bunga tidur). Karena kalian belum arifin billah dan bukan seorang Rasul yang mana mimpinya seorang arifin billah merupakan ilham dan bagi Rasul mimpinya ialah wahyu. Jika kalian tidak piawai dan hati hati menuju kepada Allah SWT maka kalian akan mudah jatuh dan terjerembab karena banyak kerikil dan duri yang menyebabkan kalian terhenti menuju kepada-Nya. 
Nasehat Mursyid saat acara Munassiq Mampang, 02 Desember 2018/24 Rabi’ul Awal 1440H
Selengkapnya

Ad-Durrun Nafis (Mutiara Yang Indah) - Selasa, 05 Febuari 2019/1 Jumadits Tsani 1440H

Ilmu itu untuk diamalkan dan kita diajak untuk menjadi pengamal bukan berwacana dalam sebuah ilmu karena banyak sekali orang yang mengerti ilmu tauhid dan hakekat hanya sebatas wacana. Mungkin juga kalimat lebih ekstrem ialah hanya untuk gagah gagahan seolah ia adalah orang yang paham dan mengerti tauhid dan hakekat dan lebih parahnya lagi mengklaim bahwa ia telah masuk pada golongan arifin billah atau maqom tertentu dan ini yang sangat berbahaya. Jadilah orang orang yang tawadhu dihadapan Allah SWT begitu pula pada hamba hamba-Nya karena belum tentu orang yang dihadapan kita itu orang biasa karana bisa jadi yang kita anggap orang biasa malah justru ia sangat luar bisa maqomnya di sisi Allah SWT. Karena mencari dan mengenali aulia Allah SWT itu lebih sulit daripada mengenali rasul dan nabi Allah SWT karena para kekasih Allah SWT sengaja Allah SWT sembunyikan dengan wujud sifat bashariah layaknya seperti manusia bahkan sangat awam sekali dilihat secara lahiriah. Maka dari itu hendaklah kita husnuzhon terhadap hamba hamba Allah SWT, siapapun ia.
Nasehat Mursyid saat mengkaji Kitab Ad-Durrun Nafis (Mutiara Yang Indah)
5 Febuari 2019/1 Jumadits Tsani 1440H
Selengkapnya

Syarah Al-Hikam (Syaikh Ibnu Atha'illah As-Sakandari) - Jum'at, 22 Maret 2019/16 Rajab 1440H

Belajarlah kalian dibawah kehendak Allah SWT. Belajarlah hidup kalian dibawah kehendak Allah SWT. Belajarlah usaha dan ikhtiar kalian termasuk gerak kalian dibawah kehendak Allah SWT. Apabila kalian bisa memahami tentang kehendak tersebut insya Allah tidak akan tersesat sesat. 
Contoh orang dibawah kehendak Allah SWT:
Banyak orang orang yang selalu berangan angan “andai saja saya tidak kerja mungkin saya enak beribadah”. Jika itu nafsumu, maka saat kamu tidak kerja, kamupun tidak ibadah. 
Nasehat Mursyid saat mengkaji Kitab Syarah Al-Hikam (Syaikh Ibnu Atha'illah As-Sakandari)
Jum'at, 22 Maret 2019/16 Rajab 1440H
Selengkapnya