KULTUM PENDAR HIKMAH

DOA DI ANTARA DUA SUJUD

Oleh : CM. Hizboel Wathony
Ahad, 02 September 2018 / 21 Dzul Hijjah 1439 Hijriyah

“Ya Allah, ampunilah segala dosa-dosaku, sayangi diriku, tutupi segala kekuranganku, angkat derajatku, limpahkan rezeki padaku, bimbinglah perjalanan hidupku, berilah kesehatan padaku dan maafkan segala kesalahanku. Itulah arti doa di antara dua sujud yang setiap hari dibaca minimal 17 kali”.


Anak-anakku semuanya,

Mari kita kembali untuk menelaah dalam kehidupan kita sehari-hari dan juga menelaah pengabdian kita kepada Allah SWT. Di dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita disibukkan dengan persoalan yang akhirnya kita protes kepada Allah SWT. Kita sudah merasa banyak ibadah bahkan berdoa namun mengapa Allah SWT tidak mengabulkan? Masih banyak persoalan yang datang silih berganti dan terus menerus menghimpit kehidupan kita. Yang harus diketahui ialah bagaimana sikap hati kita di dalam berdoa kepada Allah SWT. Terkadang kita tidak faham dan tidak mengerti apa yang kita ungkapkan dan sampaikan atau munajatkan kepada Allah SWT. Banyak orang yang sibuk dengan berbagai macam doa namun ia tidak sadar bahwa setiap saat ia berdoa kepada Allah SWT. Sebut saja doa yang ada di dalam shalat yaitu doa diantara dua sujud. Coba renungkan baik baik. Di dalam shalat disebut puji dan doa. Puji dan doa itu berarti kita selalu menyanjung kepada Allah SWT. Doa yang paling baik ialah dimana orang selalu mengawali dengan tahmid kepada Allah SWT dan  shalawat kepada Rasulullah SAW. Jika kita kembali melihat dan memperhatikan apa yang telah kita lakukan, kita akan terkejut dan terpesona bahwa betapa dahsyat dan istimewanya. Doa yang istimewa yang kita selalu panjatkan namun kita tidak sadar yaitu saat kita berdoa duduk diantara dua sujud, kita menyatakan :

‎رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA'NII WARZUQNII WAHGDINII WA'AAFINII WA'FU 'ANNII

Artinya :

Ya Allah,ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku dan tutupila segala kekuranganku/aibku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki (yang berkah) kepadaku,dan bimbinglah aku dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku

Doa tersebut sangat luar biasa sekali. Ayo kita renungkan baik baik. Isi di dalam doa tersebut :

1. ROBBIGHFIRLII رَبِّ اغْفِرْلِيْ

“Ya Allah ampunilah dosa kami”

Ya Allah, ampuni segala dosa-dosaku yang